Tips Untuk Memulai Label Rekaman Anda Sendiri

Industri musik telah mengalami beberapa transformasi selama beberapa dekade terakhir. Lanskap digital kami telah berperan dalam mengubah bentuk cara kami mengonsumsi lagu, cara seniman membuat musik, dan cara bisnis beroperasi. Salah satu efek positifnya adalah mendorong pendekatan DIY ke semua bidang industri.

Ini berarti ada kecenderungan bagi musisi untuk memiliki akses langsung ke audiens. Mereka dapat merilis musik mereka melalui platform streaming seperti YouTube dan Spotify daripada mengandalkan media fisik mahal yang telah mendominasi industri ini. Ini juga menghadirkan celah bagi pengusaha yang ingin memulai label indie mereka sendiri.

Apakah sesederhana bangun dan memutuskan bahwa Anda akan menjadi pemimpin industri musik yang sukses? Mungkin tidak. Namun, ada banyak pengetahuan di luar sana untuk membantu Anda dalam perjalanan. Kami akan melihat beberapa bidang utama yang harus Anda fokuskan bersama dengan beberapa kiat untuk memanfaatkan peluang sebaik-baiknya.

Tips Untuk Memulai Label Rekaman Anda Sendiri
Tips Untuk Memulai Label Rekaman Anda Sendiri

Persiapan

Meskipun memulai label Anda sendiri bisa menyenangkan dan bermanfaat, itu bukan sesuatu yang harus dimasukkan dengan enteng. Potensi untuk memperkenalkan dunia kepada beberapa seniman luar biasa adalah hak istimewa, dan juga merupakan tanggung jawab yang signifikan. Adalah demi kepentingan bisnis baru Anda yang sedang berkembang dan para seniman yang ingin Anda wakili adalah melakukan beberapa pekerjaan persiapan sebelum menyelam:

  • Memahami tujuan Anda . Apa yang ingin Anda capai dengan membuat label? Ada berbagai model yang dapat Anda adopsi mulai dari yang beroperasi sebagai label dan distributor hingga ceruk seperti mereka yang merilis musik terutama di viny l. Mulailah membangun rencana bisnis Anda dengan mempertimbangkan seperti apa hasil yang Anda harapkan. Apa yang akan dialami konsumen dan artis Anda dalam skenario kasus terbaik?
  • Membangun hubungan Anda . Bahkan jika Anda melakukannya sendiri untuk mewakili musik Anda sendiri, pada titik tertentu, Anda masih harus bekerja dengan orang lain: manajemen artis, perwakilan PR (humas), produser, dan studio. Salah satu kiat utama untuk memulai bisnis berbasis musik adalah mengumpulkan tim orang yang lebih pintar dan lebih baik dari Anda. Carilah mereka yang memiliki bakat yang tidak Anda miliki dan bangunlah hubungan dengan mereka.
  • Aspek Pajak dan Keuangan . Apakah Anda akan beroperasi sebagai pekerja lepas , atau apakah Anda akan bergabung sebagai Perseroan Terbatas untuk melindungi aset pribadi Anda? Masing-masing memiliki persyaratan pajak dan manfaat terkait. LLCs sering dikenai pajak yang lebih rendah daripada wiraswasta.

Pertimbangan Hukum

Kami memahami bahwa Anda terlibat dalam hal ini karena kecintaan pada musik dan kesempatan untuk berperan penting dalam memperkenalkan artis ke khalayak yang lebih luas, tetapi merupakan bagian dari tanggung jawab Anda sebagai pemilik label untuk memastikan bahwa bisnis Anda, aset Anda, dan artis Anda dilindungi. Ini berarti Anda harus merangkul berbagai tantangan hukum dan teknis.

Satu hal penting yang perlu Anda peroleh adalah pengetahuan tentang hak cipta, dan cara kerjanya terkait dengan industri musik. Pada tingkat paling dasar, hak cipta dilakukan dengan dua cara. Pertama, berkenaan dengan komposisi, hak cipta milik penulis lagu. Pertimbangan hak cipta terpisah berkaitan dengan rekaman khusus yang biasanya milik label kecuali jika disetujui dengan artis. Hak cipta kemungkinan akan memengaruhi bisnis Anda dengan berbagai cara termasuk jika seorang artis di daftar Anda memilih untuk mencicipi karya seniman lain.

Jika label Anda akan berhasil, Anda juga harus terbiasa dengan pelacakan, pengumpulan, dan distribusi royalti. Band sering melacak royalti mereka melalui organisasi seperti PRS dan BMI, tetapi label bertanggung jawab untuk mengumpulkan ini dan membaginya sesuai ketentuan kontrak yang telah Anda sepakati bersama artis. Sebagai pemilik label, Anda akan sibuk dengan banyak tugas. Banyak label melibatkan akuntan untuk memastikan royalti tertentu ditangani dengan benar.

Membangun Daftar Nama Anda dan Profil Anda

Salah satu bagian yang paling menarik, menyenangkan, dan bermanfaat untuk memulai label musik indie adalah membangun daftar artis Anda. Kemungkinannya adalah, Anda sudah memiliki beberapa gagasan tentang genre yang ingin Anda operasikan di dalamnya, atau bahkan jika Anda ingin keluar dari kotak-kotak itu dan memperkenalkan dunia pada rentang musik yang lebih beragam. Bagaimana Anda menarik tindakan ke label Anda?

Pertama, branding adalah kartu panggil Anda untuk artis, industri, dan publik. Pilih nama yang mencerminkan adegan musik yang Anda wakili, dan apa yang penting bagi Anda sebagai label. Lakukan riset untuk memastikan bahwa pilihan nama bisnis Anda tidak bertentangan dengan batasan hak cipta atau merek dagang. Beberapa penelitian tentang nama Anda juga dapat membantu Anda menghindari kesulitan logistik seperti mendaftarkan nama domain online. Anda ingin memastikan nama Anda tidak membatasi pasar yang ingin Anda jelajahi.

Aktif di media sosial. Siapkan dan gunakan akun perusahaan untuk menjangkau artis dan publik. Hasilkan konten yang mendukung keahlian Anda dan antusiasme Anda terhadap musik yang Anda wakili. Berkolaborasi dengan orang lain untuk membuat video serta podcast atau posting blog. Penyerbukan silang konten ini dapat membantu memperkuat prioritas Anda sebagai label dan membuat Anda terlihat oleh orang-orang yang akan menghargai karya Anda.

Kesimpulan

Banyak pemilik label masuk ke bisnis karena mereka memiliki hasrat yang kuat untuk musik. Salah satu dari 15 tips penting untuk memulai bisnis di industri musik adalah menyukai apa yang Anda lakukan cukup untuk melakukannya dengan benar. Luangkan waktu untuk memahami tantangan industri dan bagaimana Anda bisa mendekati mereka, menjadi ahli di bidang yang memengaruhi bisnis dan artis Anda, dan bangun merek Anda untuk membangun hubungan Anda. Mungkin, yang paling penting, pergi saja ke sana dan lakukan itu. Tidak ada yang menahan Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *